

Tegaskan Komitmen, ini Deretan Capaian TASPEN dalam Memperkuat Tata Kelola Perusahaan
Tegaskan Komitmen, ini Deretan Capaian TASPEN dalam Memperkuat Tata Kelola Perusahaan
taspen.co.id - 21 Januari 2025 17:13:57 by Sekretaris Perusahaan
taspen.co.id - 21 Januari 2025 17:13:57 by Sekretaris Perusahaan

Jakarta, 21 Januari 2025 – PT TASPEN (Persero) sebagai BUMN yang bergerak di bidang asuransi tabunganhari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara berkomitmen untuk mencegah tindak pidanakorupsi dengan memperkuat kualitas penerapan prinsip Tata Kelola, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan(Governance, Risk, Compliance/GRC) dalam setiap proses bisnis perusahaan. Untuk mendukung komitmentersebut, pada tahun 2024 TASPEN telah menyelenggarakan TASPEN Governance, Risk, and ComplianceInsight Forum (TGIF) 2024 dengan mengambil tema “Membentuk Ulang Perilaku GRC untukMempertahankan Pertumbuhan Berkelanjutan”. Tahun 2024, TASPEN meraih penghargaan “PerusahaanPaling Terpercaya” dalam ajang Penghargaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik 2024 yangdiselenggarakan Institut Tata Kelola Perusahaan Indonesia (IICG) dan SWA Media Group.
Corporate Secretary TASPEN Henra mengatakan, “Penerapan prinsip GRC menjadi landasan utama bagiTASPEN dalam menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan bagi proses bisnis perusahaan. Hal ini tidak hanyaberfungsi sebagai alat kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga sebagai kerangka kerja untuk meningkatkantata kelola yang lebih baik, mengelola risiko secara bijaksana, dan memastikan seluruh operasionalperusahaan berjalan sesuai aturan yang berlaku.“
Dalam 3 tahun terakhir, TASPEN meraih penghargaan serupa dalam program riset dan pemeringkatanpraktik GCG bertajuk Corporate Governance Perception Index (CGPI). Adapun lingkup riset ini, meliputipencapaian kinerja keuangan dan nonkeuangan perusahaan, keselarasan bisnis perusahaan terhadapnorma, etika dan tata nilai, serta memenuhi kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangandan melakukan pengendalian manajemen. TASPEN berhasil memenuhi seluruh lingkup tersebut sehinggamendapatkan predikat Most Trusted Company.
Dalam rangka pemenuhan kepatuhan terhadap regulasi, TASPEN melakukan pemantauan atas KewajibanPenyampaian Laporan kepada Regulator yaitu Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan OtoritasJasa Keuangan (OJK). TASPEN telah menerapkan langkah strategis dengan memperkuat tata kelola,manajemen risiko, dan kepatuhan diantaranya dengan membentuk Komite Tata Kelola Terintegrasi,mendukung pengambilan keputusan yang berbasis risiko, serta menjaga integritas dan etika dalam setiapaspek bisnis. Untuk menjaga konsistensi kualitas dan kinerja, TASPEN diperkuat dengan sertifikasi ISO. Salahsatunya ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan, ISO 37001:2016 Sistem Manajemen AntiPenyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, dan SNI ISO 27001:2013 Sistem ManajemenKeamanan Informasi.
Upaya ini sejalan dengan semangat Kementerian BUMN dimana Menteri BUMN Erick Thohir menekankanpentingnya perbaikan tata kelola perusahaan sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kinerja dankontribusi perusahaan BUMN. Ke depan, TASPEN akan terus mengintegrasikan prinsip antikorupsi dalamproses bisnis perusahaan untuk memastikan pelayanan publik yang berkualitas, terpercaya, dan berdampakpositif bagi kesejahteraan peserta dan masyarakat Indonesia.