TASPEN dan Pemkot Palu Jalin Kerja Sama Dalam Meningkatkan Kesejahteraan ASN

Jakarta, 24 Januari 2024 – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui berbagai program, termasuk menjalin kerja sama dengan berbagai instansi / lembaga terkait. Guna mewujudkan komitmen tersebut, TASPEN melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu berkaitan dengan peningkatan layanan program TASPEN, kepesertaan program anak usaha TASPEN, dan jasa perbankan di lingkungan Pemkot Palu. Kesepakatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan ASN, sekaligus memperkuat perlindungan dan manfaat program dan layanan TASPEN bagi ASN di lingkungan Pemkot Palu. Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan langsung oleh Walikota Palu H. Hadianto Rasyid dan Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih di Gedung TASPEN, Jakarta Pusat, Rabu (24/1).

Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih mengatakan, “TASPEN berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada ASN di seluruh Indonesia. Salah satu upayanya adalah dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Kami berharap dalam kerja sama ini dapat meningkatkan kesejahteraan ASN di masa yang akan datang, dengan terlindung dari kecelakaan sehingga anggota keluarga bisa mendapatkan manfaat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seluruh organ kami di TASPEN Group siap mendukung setiap program demi peningkatan kesejahteraan ASN, dan tentunya ini bukan menjadi pertemuan pertama dan terakhir karena kami pasti akan berkunjung ke Kota Palu.”

Sebagai BUMN yang mengelola Jaminan Sosial ASN dan Pejabat Negara, PT TASPEN memiliki 4 (empat) program manfaat utama, antara lain Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Program Jaminan Kematian (JKM). Dari keempat program utama tersebut, TASPEN memiliki manfaat turunan lainnya, di antaranya santunan akibat kecelakaan, uang duka tewas saat bekerja, rehabilitasi medis, beasiswa bagi anak ASN yang orang tuanya meninggal dunia, tunjangan cacat, uang pensiun terusan, pensiun janda/duda/yatim-piatu, hingga biaya pemakaman. Sepanjang 2023, TASPEN telah melayani lebih 13.808 klaim peserta TASPEN di Kota Palu. Jumlah tersebut terdiri dari 8.004 klaim Program Pensiun, 5.262 klaim THT, serta 542 klaim produk JKK dan JKM. Sementara itu, per Desember 2023, TASPEN memiliki 78.915 orang Peserta Aktif dan 38.541 orang Peserta Pensiunan ASN di lingkungan Pemkot Palu.

Walikota Palu H. Hadianto Rasyid mengatakan, “Pemkot Palu menyambut baik kesepakatan ini.

Saya sangat mengapresiasi kerja sama ini dan tentunya kegiatan ini menjadi harapan kita bersama, semakin memberikan perlindungan yang optimal kepada seluruh ASN, sehingga mereka merasa terjamin di setiap keberadaannya. Setiap hal yang memang arahnya terhadap bagaimana memberikan proteksi yang baik kepada seluruh ASN, kami Pemerintah Kota Palu sangat-sangat mendukung program itu. Saya sangat mendukung MoU yang berjalan hari ini dan berharap semoga semua tertuang dan berjalan secara efektif sesuai harapan kita bersama, memberikan proteksi, perlindungan optimal dan maksimal kepada seluruh pegawai kita baik yang aktif maupun pensiun. Secara pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Palu mengucapkan terima kasih kepada TASPEN yang telah memberikan ruang kepada kami untuk melakukan penguatan MoU yang ditandatangani hari ini."

 

Melalui kerja sama ini, PT TASPEN dan Pemkot Palu berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan para ASN sejak masih aktif bertugas hingga masa pensiun nanti. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para abdi negara dalam menjalankan tugas-tugas negara. Harapan dari kerja sama ini juga dapat menginspirasi bagi daerah lainnya di Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ASN. 

TASPEN berkomitmen untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Palu melalui langkah-langkah yang konkret, konsisten, cepat, dan tanggap. TASPEN sssenantiasa berupaya memberikan pelayanan pro-aktif dan andal melalui beragam program manfaat inovatif kepada seluruh ASN di Indonesia. Salah satunya, melalui penerapan aplikasi TASPEN Customer Digital Services (TCDS). Aplikasi TCDS adalah aplikasi one-stop servicesyang menghubungkan peserta dengan seluruh layanan TASPEN dan telah terintegrasi dengan berbagai instansi penerbit persyaratan pengajuan klaim dan non klaim. Selain itu, peserta dapat melakukan update data mandiri dan menyediakan wadah untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai manfaat dengan mudah, termasuk mendapatkan informasi terkait estimasi manfaat THT dan Pensiun.