TASPEN Group Terus Tingkatkan Kesejahteraan Hidup ASN di Indonesia

Jakarta, 28 Desember 2023 – TASPEN Group berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui program dan layanan dari kedua anak usaha, yaitu PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) dan PT Taspen Properti Indonesia (TASPRO). TASPEN Group secara aktif telah melakukan diversifikasi bisnis usaha untuk memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat Indonesia untuk menciptakan berbagai lini bisnis yang berkelanjutan. Taspen Life hadir dengan menyediakan beragam solusi produk Asuransi Jiwa Kumpulan dan Individu yang bersifat top-up dari program TASPEN eksisting dan mulai dipasarkan akhir tahun 2014. Sementara itu, TASPRO hadir dengan menyediakan infrastruktur serta hunian berkualitas bagi masyarakat Indonesia, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Program ASN Housing. TASPEN secara aktif menyelenggarakan Program Asuransi Sosial bagi ASN melalui sejumlah produk unggulan, seperti Program Pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). Guna menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen, TASPEN Group selalu menerapkan prinsip Good Corporate Governance(GCG) dalam menjalankan kegiatan bisnis perusahaan.

 

Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan, “TASPEN Group senantiasa hadir untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, khususnya para ASN di Indonesia. Selain menyelenggarakan Program Asuransi Sosial bagi ASN, TASPEN Group hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan optimal melalui diversifikasi bisnis usaha. Taspen Life berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan asuransi ASN di Indonesia baik yang masih aktif bekerja maupun dalam masa pensiun melalui tambahan layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan ASN dan TASPRO melalui penyediaan infrastruktur properti serta hunian. Selama 60 tahun, TASPEN juga telah menyelenggarakan Program Asuransi Sosial bagi ASN, baik berstatus aktif maupun yang telah memasuki purna bakti. TASPEN Group akan terus meningkatkan kemudahan layanan bagi peserta melalui inovasi produk dengan mengikuti perkembangan teknologi demi dapat terus menyejahterakan masyarakat Indonesia.”

 

Melalui beragam produk Taspen Life, seluruh peserta ASN yang mengambil tambahan produk pada Taspen Life dapat melakukan perencanaan keuangan dan mempersiapkan masa pensiun yang lebih sejahtera dan nyaman. Produk dan layanan Taspen Life, meliputi manfaat proteksi jiwa, perencanaan masa depan dan hari tua, dana pendidikan, serta pertanggungan terhadap penyakit kritis dengan imbal manfaat yang sangat kompetitif. Adapun beragam produk Taspen Life, yakni Taspen Dwiguna Sejahtera, Taspen Smart Save, Taspen Save, Taspen Bright Life, Taspen Hospital Cash Plan, Taspen Smart Health, Taspen Proteksi Beasiswa, dan Taspen Group Personal Accident.

 

TASPRO memiliki Program unggulan, yakni Program ASN Housing yang dapat memudahkan ASN memiliki hunian pertamanya. Pada program ini, ASN bisa mendapatkan beragam keuntungan, antara lain berupa DP 0%, bebas biaya akaddan notaris, dan mendapatkan harga yang lebih murah, yakni minimal 5% dibandingkan pembelian langsung melaluipengembang lain. Hingga saat ini, TASPRO sedang melakukan pembangunan ASN Housing di dua lokasi di Surakarta, Jawa Tengah dan empat lokasi di Manado, Sulawesi Utara. Bekerja sama dengan Mitra Pengembang lokal di wilayah Sulawesi Utara, perumahan dibangun di atas lahan seluas + 100 hektar dan bersama pengembang lokal di wilayah Solo Raya perumahan dibangun atas lahan seluas + 2,57 hektar. 

 

Dalam menjalankan Program Asuransi Sosial bagi ASN, TASPEN berkomitmen untuk memilih investasi yang aman dan menghasilkan atas dana yang dikelola. Melalui penerapan prinsip PAHALA (Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif) dan Good Corporate Governance (GCG), TASPEN memastikan investasi dana kelolaan milik peserta aman, memberikan imbal hasil tinggi, dikelola secara yang andal, tingkat likuiditas yang memadai, dan selalu bersikap antisipatif terhadap volatilitas pasar. Saat ini TASPEN memiliki 57 kantor cabang dan 44 Mitra Bayar dengan lebih dari 17.939 titik layanan, serta lebih dari 3 juta titik layanan digital. Tercatat hingga November 2023, TASPEN memiliki 6,73 juta peserta yang terdiri dari 3,66 juta peserta aktif dan 3,07 peserta pensiun. Seluruh program dan rencana bisnis TASPEN dilakukan secara profesional dan akuntabel dengan berlandaskan integritas dan etika yang tinggi.

 

Implementasi pelaksanaan Program Asuransi Sosial bagi ASN, TASPEN telah melakukan digitalisasi layanan untuk memudahkan peserta mendapatkan layanan. Hal ini dibuktikan melalui pengembangan beberapa aplikasi digital TASPEN, TASPEN One Hour Online Service, SIM GAJI, Layanan Klim Otomatis (LKO), Layanan Satu Jam TASPEN, Taspen Otentikasi dan Taspen Care. TASPEN senantiasa menjamin kerahasiaan data dan keamanan data setiap peserta, sehingga seluruh data detil peserta, hanya bisa diakses secara lengkap oleh peserta yang bersangkutan. Hal ini diharapkan agar seluruh proses klaim dan non-klaim akan menjadi mudah, aman, akurat, dan nyaman. Tahun ini, jumlah layanan kepengurusan klaim dan non-klaim melalui aplikasi TOOS telah mencapai 91,77% dari keseluruhan jumlah pengajuan klaim dan non-klaim TASPEN.

 

“Dengan beragam upaya diversifikasi bisnis usaha, TASPEN Group hadir untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera agar nilai ekonomi dan nilai sosial Indonesia semakin terakselerasi. Melalui layanan yang andal, TASPEN Group optimistis dapat menjadi perusahaan BUMN yang memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya para peserta ASN secara optimal.”