Program “Bakti SRIKANDI TASPEN Selamatkan Bumi” Hadir Sebagai Komitmen Lestarikan Lingkungan Hidup di Kupang

Kupang, 12 Desember 2023 – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) turut melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, sebagai salah satu bagian dari pilar utama Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN. Kali ini, Unit TJSL TASPEN dan Srikandi TASPEN melaksanakan kegiatan “Bakti SRIKANDI TASPEN Selamatkan Bumi”, yakniaksi menanam 1.000 pohon trembesi dan cemara di Civic Center, Kabupaten Kupang, NTT (12/12). Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Enviromental Social Governance (ESG) TASPEN untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik serta sebagai langkah merespons isu pemanasan global dan perubahan iklim yang mengakibatkan kemarau panjang di Indonesia. Kegiatan penanaman juga dilakukan langsung oleh Srikandi TASPEN dan sejumlah pejabat perempuan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kupang yang bertepatan dengan memperingati Hari Ibu 2023. Kegiatan dilaksanakan oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, Direktur Keuangan TASPEN Rena Latsmi Puri, Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko TASPEN sekaligus Pembina Srikandi TASPEN Diyantini Soesilowatiserta Direktur SDM & TI TASPEN Ovita Susiana Rosya.

Direktur Keuangan Taspen Rena Latsmi Puri mengatakan, “Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi aktif TASPEN bersama Srikandi TASPEN dan Pemerintah Kabupaten Kupang untuk menciptakan lingkungan yang baik bagi masyarakat. TASPEN memahami pentingnya lingkungan yang sehat untuk menciptakan kesejahteraan yang utuh. Untuk itu, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan hidup dengan kualitas udara yang lebih sehat, sehingga dapat mendukung kesejahteraan masyarakat. TASPEN, melalui Srikandi TASPEN berupaya aktif untuk mengajak pemerintah dan masyarakat Kupang untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan saling bekerja sama membentuk masa depan yang lebih baik, untuk diri kita dan generasi yang akan datang.”

Seluruh jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini telah melalui proses penyesuaian dengan lokasi dan kondisi tanah maupun letak geografis lokasi penanaman, sehingga tanaman dipastikan dapat secara berkelanjutan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Diharapkan penanaman 1.000 pohon ini dapat berkontribusi positif terhadap kondisi alam Kupang dan sekitartnya yang saat ini mengalami kekeringan karena rendahnya curah hujan, sehingga membuat petani kesulitan menanam. 

Bupati Kupang Korinus Masneno mengatakan, “Apresiasi kami berikan kepada TASPEN dan Srikandi TASPEN atas kegiatan penanaman pohon di Kupang, NTT. Kegiatan penanaman ini merupakan salah satu upaya yang diharapkan dapat menjadi langkah kita bersama menjaga kelestarian di Kabupaten Kupang. Kegiatan dari TASPEN ini juga menjadi motivasi bagi kami dan masyarakat Kabupaten Kupang untuk menjaga kelestarian, kesuburan tanah, dan menjaga curah hujan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kupang.”

Kegiatan penanaman pohon kali ini merupakan penutup kegiatan serupa yang telah dilaksanakan oleh TASPEN sepanjang tahun 2023. Secara total, TASPEN telah melakukan penanaman lebih dari 3.000 bibit pohon mangrove, trembesi, dan cemara di 6 (enam) wilayah Kantor Cabang TASPEN, antara lain wilayah Cirebon, Bekasi, Denpasar, Pangkal Pinang, Aceh dan Kupang. Dengan berkolaborasi aktif bersama pemerintah daerah dan instansi kota/kabupaten terkait, TASPEN berkomitmen untuk turut melestarikan lingkungan hidup ke lebih banyak wilayah diseluruh Indonesia.