Autentikasi Rutin, Terima Hak Pensiun Tanpa Khawatir! Autentikasi Rutin, Terima Hak Pensiun Tanpa Khawatir!

Autentikasi Rutin, Terima Hak Pensiun Tanpa Khawatir!

Autentikasi Rutin, Terima Hak Pensiun Tanpa Khawatir!

taspen.co.id - 03 Juli 2025 09:09:34 by Sekretaris Perusahaan

taspen.co.id - 03 Juli 2025 09:09:34 by Sekretaris Perusahaan

 

Jakarta, 03 Juli 2025 – Dalam rangka memastikan ketepatan sasaran dan keberlangsungan pembayaran manfaat pensiun dan tunjangan lainnya, PT TASPEN (Persero) kembali mengimbau seluruh peserta pensiun untuk melakukan autentikasi secara rutin setiap bulan. Autentikasi merupakan proses verifikasi keberadaan penerima manfaat yang bertujuan untuk mencegah pembayaran yang tidak tepat sasaran. 

 

Keterlambatan atau kelalaian dalam melakukan autentikasi akan berdampak pada penundaan sementara pembayaran uang pensiun. Pembayaran akan dihentikan sementara apabila autentikasi tidak dilakukan dalam waktu 3 bulan sejak jadwal seharusnya. TASPEN juga mengingatkan, bagi penerima manfaat yang telah meninggal dunia, maupun anak tertunjang yang telah dewasa, menikah, atau bekerja, wajib dilaporkan ke Mitra Bayar atau Kantor Cabang TASPEN. Apabila tidak dilaporkan, kelebihan bayar yang terjadi akan ditagih kembali.

 

Autentikasi dapat dilakukan melalui dua cara:

  1. Autentikasi Manual
     Dilakukan langsung oleh Mitra Bayar saat penerima manfaat datang ke kantor bayar atau saat petugas Mitra Bayar melakukan Layanan Kunjungan Peserta Pensiun (LKPP).
  2. Autentikasi Digital melalui Aplikasi Andal by TASPEN
     Dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi resmi TASPEN di smartphone, menggunakan verifikasi biometrik berupa wajah, suara, dan/atau sidik jari.

 

Corporate Secretary, Henra, mengatakan, “Sebelum dapat melakukan autentikasi melalui aplikasi Andal by TASPEN, penerima pensiun diwajibkan untuk terlebih dahulu melakukan enrollment atau perekaman data biometrik yang kini dapat dilakukan secara online lewat aplikasi Andal by TASPEN. Prosesnya mudah dan cepat, sehingga peserta pensiun tidak perlu datang ke Kantor Cabang TASPEN atau Kantor Mitra Bayar terdekat lagi”.

 

Tentu kemudahan dalam proses enrollment ini sejalan dengan Asta Cita Presiden Republik Indonesia, khususnya poin keempat yaitu "mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya". TASPEN hadir untuk terus berorientasi pada layanan kepada masyarakat dengan sistem yang transparan dan akuntabel. TASPEN juga mengajak seluruh peserta untuk aktif melakukan autentikasi satu kali dalam satu bulan. Langkah ini penting sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk menjaga integritas sistem pembayaran pensiun yang berkeadilan dan berkelanjutan.

 

Pensiun dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Sragen, Sutanto, 62 tahun, yang menikmati masa pensiunnya dengan nyaman berkat kemudahan akses autentikasi melalui pemanfaatan aplikasi Andal by TASPEN. “Kita tinggal selfie saja lewat hape, sangat memudahkan.” ujarnya.

 

TASPEN mengimbau kepada seluruh penerima pensiun dan masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan TASPEN. Seluruh informasi resmi mengenai layanan TASPEN dapat diakses melalui situs resmi www.taspen.co.id, media sosial resmi TASPEN, dan Call Center TASPEN 021-1500919.