Muda Aman dan Tua Nyaman Bagi ASN, Indonesia Maju!!

Jakarta, 13 April 2023 – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusinya kepada negara. Selama 60 tahun, TASPEN telah menjadi bagian dari sejarah panjang abdi negara di Indonesia dengan menyelenggarakan Program Asuransi Sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Tidak hanya itu, TASPEN memperoleh kepercayaan dari Pemerintah untuk melaksanakan pembayaran Pensiun dan Tabungan Hari Tua ASN secara nasional. Hingga kini, seiring dengan beragam perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, TASPEN berupaya aktif untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Aktif, ASN Pensiunan dan Pejabat Negara melalui beragam inovasi layanan dan program manfaat secara digital.

Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih mengatakan, “Sebagai bagian dari Kementerian BUMN, PT TASPEN (Persero) berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kontribusinya kepada Indonesia, guna meningkatkan kesejahteraan para abdi negara, sehingga dapat memaksimalkan kinerja dan juga penyampaian gagasan dan aksi nyata guna perkembangan dan kemajuan negara Indonesia. Ke depan, dengan pengalaman yang sudah terbukti dalam memberikan pelayanan program asuransi sosial bagi ASN dan Pejabat Negara, TASPEN akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan pembenahan dalam memberikan pelayanan melalui berbagai macam inovasi.”

Pada tahun 2004, untuk memberikan manfaat dan pelayanan yang terbaik bagi peserta dan stakeholders secara profesional dan akuntabel dengan berlandaskan integritas dan etika yang tinggi, TASPEN telah menerapkan sistem pelayanan 1 jam untuk pemrosesan pembayaran klaim peserta sejak dokumen diterima secara lengkap. Kemudian sejak tahun 2014, TASPEN dipercaya oleh Pemerintah untuk mengelola Program Asuransi Sosial yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) terhitung mulai 1 Juli 2015.

Berbekal pengalaman mengelola jaminan sosial sejak 1963, TASPEN telah menjalankan bisnisnya secara dinamis dan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pesertanya, serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Kini, TASPEN telah menciptakan beragam inovasi, antara lain digital-based service, layanan klaim otomatis, layanan kunjungan nasabah hingga layanan klaim satu jam yang telah memperoleh sertifikasi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu.

“Hal ini merupakan komitmen TASPEN untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna tercapainya kesejahteraan ASN yang berkelanjutan. Di setiap tahunnya, TASPEN selalu berupaya menghadirkan beragam inovasi program dan layanan terbaru, agar dapat lebih berkontribusi terhadap negara dan memberikan pelayanan optimal kepada peserta,” Kata Kosasih.

Dari segi optimalisasi layanan, TASPEN telah melakukan launching Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun melalui pengembangan Sistem New e-Dapem dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional pada seluruh mitra bayar sejak tahun 2018. Pengembangan dan penerapan sistem ini menggunakan otentikasi online terpusat berbasis data biometrik, yakni sidik jari (fingerprint), perekaman wajah (face recognition) dan perekaman suara (voice recognition). Selain itu, Seluruh layanan ini dilakukan melalui teknis verifikasi dokumen yang mudah, yakni para peserta dapat menggunakan aplikasi TASPEN Otentikasi secara mandiri yang dapat diunduh pada Play Store dan App Store. Dalam aplikasi tersebut, peserta akan diminta mengikuti beberapa instruksi di dalamnya, antara lain foto wajah menggunakan kamera ponsel, melakukan perekaman sidik jari yang terdaftar dan verifikasi lainnya tanpa harus mendatangi kantor TASPEN maupun kantor mitra bayar secara langsung.

Inovasi TASPEN Otentikasi tentunya mengacu pada lima prinsip Tepat TASPEN, yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, Tepat Tempat, dan Tepat Jumlah. Terhitung sebanyak 2,7 juta atau 90% peserta pengguna aktif dari total 3,7 juta orang peserta pensiunan di bulan Maret 2023 telah menggunakan aplikasi TASPEN Otentikasi.

Memasuki tahun 2023, TASPEN meluncurkan Digital Services Apps yang mengintegrasikan seluruh layanan digital TASPEN, antara lain Otentikasi Digital dan Pengajuan Klaim secara Digital melalui TASPEN One-hour Online Service (TOOS). TOOS merupakan inovasi layanan digital yang memudahkan seluruh peserta untuk mendapat layanan terbaik dari TASPEN, baik peserta aktif maupun pensiunan. Jangkauan pelayanan TASPEN berdasarkan data bulan Maret 2023 telah dalam melayani 6,78 juta peserta tersebar di 57 Kantor Cabang, 44 Mitra Bayar dan 16.985 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di samping menjadi perusahaan Andal dan Melayani bagi seluruh peserta, TASPEN juga berfokus untuk meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan dan melakukan edukasi wirausaha kepada para pesertanya. Komitmen ini dibuktikan pada penyelenggaraaan Kegiatan Program Wirausaha ASN dan Pensiunan bertema “Sejahtera di Purnatugas” yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan total 5000 peserta pada tahun 2019. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup ASN di hari tua. Didukung dengan adanya program Wirausaha Pintar, diharapkan para peserta ASN yang menjelang masa pensiun dan para pensiunan aktif dapat terlatih untuk menjadi entrepreuneur dan berwirausaha secara mandiri.

Dalam situasi pemulihan COVID-19, TASPEN juga menghadirkan inovasi digital melalui TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, TCare, dan Taspen Otentikasi. Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan guna memudahkan peserta mendapatkan pelayanan optimal selama masa pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan teknologi digital.

 

Atas komitmen TASPEN dalam memberikan pelayanan yang andal, program TASPEN PESONA berhasil mendapatkan penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik 2022 dalam Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB). Seluruh upaya tersebut merupakan salah satu langkah TASPEN untuk menjadi perusahaan BUMN yang andal bagi para stakeholders, terutama ASN sebagai peserta TASPEN di seluruh Indonesia.

Seluruh upaya yang TASPEN lakukan ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir di hari ulang tahun ke-25 Kementerian BUMN untuk terus bertransformasi, membangun dan memperkokoh ekosistem demi menghasilkan dampak nyata skala besar untuk menggerakan kemajuan Indonesia. Kementerian BUMN telah menyatukan Langkah BUMN khususnya PT TASPEN (Persero) untuk bergerak maju, dan meggerakkan Indonesia maju. Ini merupakan refreksi dari langkah dan gerak yang tak terpisahkan dari peran TASPEN yang hadir di setiap sendi kehidupan rakyat dan negara, demi mencapai tujuan Indonesia yang maju, makmur dan mendunia.