TASPEN dan MNC Bank Hadirkan Layanan Pembayaran Digital Pertama Bagi ASN dan Pensiunan

Jakarta, taspen.co.id - PT TASPEN (Persero) berkomitmen untuk senantiasa mengikuti perkembangan teknologi terkini dan bersikap adaptif dalam menciptakan inovasi produk dan layanan andal bagi seluruh peserta TASPEN. Kali ini, komitmen tersebut dibuktikan melalui kerja sama dengan PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank (BABP) sebagai Mitra Bayar digital resmi pertama TASPEN. Kerja sama ini ditandai dengan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) TASPEN dengan MNC Bank tentang Pembayaran Tabungan Hari Tua, Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian yang akan dilakukan secara digital melalui aplikasi MotionBanking milik MNC Bank. Kegiatan penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT TASPEN (Persero) A.N.S Kosasih dan Presiden Direktur MNC Bank Rita Montagna di Kantor Pusat TASPEN, Jakarta (25/11) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Direktur Utama PT TASPEN (Persero) A.N.S Kosasih mengatakan, “Hari ini menjadi hari istimewa untuk TASPEN karena dapat berkolaborasi dengan perusahaan Bank Digital untuk mendukung komitmen TASPEN dalam memberikan pelayanan Andal kepada seluruh peserta Kami. Terdapat beberapa keunggulan dari kerja sama ini. Pertama, titik layanan TASPEN menjadi semakin banyak. Kedua, kerja sama ini menunjukan pemanfaatan kemajuan digital yang ada kepada seluruh peserta TASPEN. Ketiga, kegiatan komunikasi kepada peserta TASPEN akan semakin luas sehingga meminimalkan kasus penipuan mengatasnamakan TASPEN, edukasi layanan yang dapat disampaikan secara strategis, hingga beragam aturan penting dan layanan terkini bagi peserta TASPEN. Ke depan, TASPEN akan terus hadir semakin dekat dengan peserta untuk memberi manfaat yang lebih optimal.”

Melalui kerja sama ini, seluruh layanan pada kantor resmi TASPEN, yakni Pembayaran Tabungan Hari Tua, Pembayaran Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dapat difasilitasi secara digital melalui aplikasi MotionBanking dari MNC Bank. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kemudahan seluruh peserta TASPEN dalam mendapatkan layanan program dan urusan klaim berstandar resmi TASPEN tanpa harus datang ke kantor MNC Bank. TASPEN secara aktif mengelola Dana Pensiun, Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian bagi 3,8 Juta peserta aktif. Tercatat sebanyak 2,9 Juta peserta pensiun telah dilayani pada 54 Kantor Cabang Resmi dan 44 Mitra Bayar TASPEN dengan dukungan 19.232 titik layanan yang tersebar di Indonesia.
Presiden Direktur MNC Bank Rita Montagna mengatakan, “Kami mengapresiasi jalinan kerja sama hari ini. Kami berharap bisa bersama-sama meningkatkan kesejahteraan ASN lewat produk keuangan yang baik dan fitur berbasiskan teknologi. Selain itu kerja sama ini juga menjadi kebanggaan MNC Bank karena menjadi mitra bayar digital pertama PT TASPEN (Persero). Pensiunan yang sebelumnya menikmati perbankan secara konvensional, kini bisa merasakan kenyamanan secara digital.”

TASPEN dan seluruh Mitra Bayar TASPEN senantiasa mematuhi seluruh ketentuan perbankan dan perlindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia. Adapun setiap informasi data/ keterangan pribadi, dokumen rahasia, dan informasi lain yang berkaitan dengan data Peserta TASPEN tidak dapat diakses oleh seluruh Mitra Bayar TASPEN, termasuk MNC Bank tanpa persetujuan Peserta TASPEN yang dibuktikan melalui Surat Pernyataan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta TASPEN dalam mendapatkan pelayanan dari MNC Bank melalui aplikasi MotionBank.

Mengenai inovasi layanan, PT TASPEN (Persero) menghadirkan program TASPEN Pesona (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan Dengan Pelayanan Bebas Corona). Program tersebut menghadirkan layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis transformasi digital yang terdiri dari layanan Taspen One Hour Online Services (TOOS), TASPEN-Care (T-Care) dan Otentikasi melalui smartphone.