Fokus Pengembangan Dunia Pendidikan, TASPEN Dukung Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II Tahun 2022 Di Yogyakarta

Yogyakarta, taspen.co.id - PT TASPEN (Persero) berkomitmen untuk terus berkontribusi kepada masyarakat melalui pengembangan dunia pendidikan. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bidang layanan edukasi karya seni rupa. Layanan edukasi tersebut dikemas melalui kegiatan Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II Tahun 2022. Kontes ini merupakan hasil kerjasama TASPEN dengan Tlatah Bocah didukung Kagama Care, Rumah Alumni UGM, Alpad 88, Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Lomba tersebut mengangkat tema “AKHLAK”. Tema ini dipilih sesuai dengan core values TASPEN sebagai Badan Usaha Milik Negara.

Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II Tahun 2022 ini diikuti para siswa SD sederajat seluruh Indonesia mulai dari dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan peserta sebanyak 1487 dari 30 Provinsi. Karya Kontes lukis para peserta dinilai oleh lima juri yaitu Josep Wiyono M.Sn. (Dosen Senirupa ISI Jogja), Ismanto (Perupa Merapi, Festival Lima Gunung), Pius Sigit Kuncoro (Kurator Biennale Yogyakarta & Konseptor Diorama Arsip Jogja), Galuh Setia Winahyu, M.Psi. (Psikologi Yogyakarta/STIKPI) dan Yoka Krisma Wijaya (Public Relation Departement Head of PT TASPEN). Juri menilai karya peserta dengan mempertimbangkan aspek kesesuaian tema dan estetika. Setiap Kategori Kelas dipilih 5 karya terbaik dimana mereka berhak untuk mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah pembinaan. 

Public Relation Departement Head TASPEN Yoka Krisma Wijaya mengatakan, "TASPEN berkomitmen untuk terus mengusung semangat BUMN Untuk Indonesia. Kegiatan kali ini merupakan wujud aktif kami dalam memberikan kepedulian dan dukungan kepada masyarakat, khususnya di bidang pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan Pendidikan untuk anak usia dini agar dapat membentuk insan dan ekosistem seni rupa yang berkarakter, dan hal ini juga merupakan salah satu prioritas program tanggung jawab perusahaan untuk pengembangan dunia pendidikan.”
Direktur Kontes Lukis Nasional II (Kolunus) tahun 2022, Gunawan Yulianto mengatakan, “kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pelajar untuk menggali potensi serta mengasah kreativitas khususnya dalam melukis. Kontes Lukis Anak Nasional II ini merupakan sarana dan wadah bagi generasi muda dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam dunia seni Lukis, sehingga kami harapkan kedepan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para generasi muda untuk berkarya, pungkasnya”.